Baru 0,25 Persen Nakes di Bangka Tengah Terima Vaksin Booster

Rachmat Kurniawan · Kamis, 02 September 2021 - 16:51:00 WIB
Baru 0,25 Persen Nakes di Bangka Tengah Terima Vaksin Booster
Plt Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun. (Foto:iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Vaksinasi booster atau vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) di Bangka Tengah berjalan lamban. Dari total 1.133 nakes baru 478 orang atau 0,25 persen yang menerima vaksinasi dosis ketiga.

Pelaksana tugas (Plt) Kadinkes Bangka Tengah, Zaitun, mengatakan, rendahnya vaksinasi dosis ketiga karena jajarannya tidak setiap hari melaksanakan program tersebut. Alasannya untuk menghindari adanya efek samping yang dialami nakes.

“Karena memang gejala yang ditimbulkan ini rata-rata ada efeknya, seperti gejala sakit ringan setelah penyuntikan. Oleh karena itu pelaksanaan vaksinasi untuk nakes ini tidak kita lakukan setiap hari, namun secara bertahap karena kita khawatir nantinya apabila setelah vaksin para nakes ini sakit kita kekurangan tim kesehatan," ujar Zaitun, Kamis (02/9/2021).

Zaitun mengakui belum ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) berat atau serius pada vaksin Moderna yang diterima nakes. Namun, berdasarkan penelitian vaksinasi Moderna menimbulkan KIPI sehingga jajarannya bersikap hati-hari.

Selain itu, vaksin Moderna juga disalurkan untuk masyarakat umum sehingga stok yang ada harus dibagi. Bahkan ibu hamil juga disarankan menerima vaksinasi.

"Untuk vaksinasi moderna ini memang pemberiannya untuk nakes dan masyarakat yang tidak bisa menerima vaksin Sinovac dan AstraZeneca, seperti ibu hamil, autoimun, dan masyarakat dengan penyakit komorbid," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing