Beli Produk UMKM di Babel Bisa Bayar Pakai QRIS

Haryanto ยท Sabtu, 27 Maret 2021 - 12:02:00 WIB
Beli Produk UMKM di Babel Bisa Bayar Pakai QRIS
Ketua Dekranasda Babel, Melati Erzaldi saat menggunakan QRIS untuk membeli produk UMKM di Babel. (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, iNews.id - Beli produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bangka Belitung (Babel), kini bisa menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) metode pembayaran nontunai. QRIS dinyakini bisa membuat produk UMKM naik kelas dan aman terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi mengaku sangat mudah menggunakan QRIS saat berbelanja.

"Ini penggunaannya sangat mudah. Scan barcode yang tertera di produk yang kita inginkan dan lanjutkan pembayaran sesuai dengan nominal harga barang," kata Melati, sembari mengarahkan telepon selularnya ke arah barcode sebuah tas unik produk UMKM Babel, Sabtu (27/3/2021).

Melati sangat bangga QRIS telah diterapkan pada UMKM di Babel. Metode pembayaran nontunai yang diluncurkan Bank Indonesia ini menurutnya sangat memberi manfaat bagi UMKM. 

"Saat ini era digital, metode pembayaran perlahan beralih ke nontunai. Selain lebih aman, metode ini salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19. Manfaat lainnya, transaksi penjualan tercatat dengan baik," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2