Belitong Geopark Wakili Asia Sebagai Anggota Baru UNESCO Global Geopark 2021

Nani Suherni ยท Jumat, 23 April 2021 - 14:14:00 WIB
Belitong Geopark Wakili Asia Sebagai Anggota Baru UNESCO Global Geopark 2021
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman (Foto: Dok Pemprov Babel)

TANJUNG PANDAN, iNews.id - Belitong Geopark merupakan satu-satunya yang mewakili Asia sebagai anggota baru UNESCO Global Geopark (UGG) tahun 2021 bersama 7 anggota baru lainnya, yaitu Denmark, Finlandia, Jerman, Itali, Polandia, Yunani.  Hal ini disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Penunjukan Belitong Geopark ditunjuk sebagai Global Geopark pada acara Welcome Digital Event For The New Unesco Global Geoparks 2021 disampaikan lewat zoom meeting dengan  UNESCO Global Geopark dari Paris, Perancis tepat pukul 19.00 WIB, Kamis (22/4/2021).

Saling sapa melalui zoom meeting, ucapan halo pihak UNESCO dari Paris disambut riuh kibaran bendera Merah Putih dari tangan para tamu undangan yang hadir di Kantor Bupati Belitung.  Geopark smenjadi landmark, bukti sejarah evolusi kehidupan serta merupakan  peninggalan kebudayaan geological condition yang memiliki peran penting dalam intangible heritage.

Dalam penjelasannya, untuk menjaga keindahan geopark dibutuhkan kerja sama pada berbagai tingkatan. Dalam menjalankan ini dibutuhkan partnership di tingkat global. 

Lebih lanjut pihak UNESCO menjelaskan bahwa, bergabungnya Belitung menjadi anggota bukan hanya sekadar mendapatkan pengakuan internasional. Yang paling penting adalah dapat menjaga standar kualitas. Tentunya harus selalu diperhtikan apabila ada kesalahan secara periodik sehingga revalidasi penting bagi UNESCO.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2