Belitung Fokus Tangani Covid-19, Promosi Wisata ke Luar Negeri Dihentikan

Antara · Jumat, 04 Juni 2021 - 15:41:00 WIB
Belitung Fokus Tangani Covid-19, Promosi Wisata ke Luar Negeri Dihentikan
Wisawatan di pantai Belitung saat bermain jet sky. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Promosi pariwisata Belitung, Bangka Belitung (Babel) ke luar negeri untuk sementara dihentikan. Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung merelokasi anggaran untuk fokus pada penanganan Covid-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Belitung, Annyta, mengatakan, kegiatan promosi ke luar daerah juga dihentikan buntut dari tingginya penyebaran Covid-19. Promosi sekarang ini hanya dilakukan secara digital dengan sasaran wisatawan domestik.

"Kami merelokasi anggaran promosi pariwisata ke luar daerah, termasuk juga promosi wisata ke luar negeri, dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi sekarang ini," kata Annyta, Jumat (4/6/2021).

Sebelum pandemi, Pemkab Belitung melakukan promosi besar-besaran pariwisata ke luar negeri seperti memasang neon box di Kuala Lumpur Internasional Air Port (KLIA). Belum beroperasinya penerbangan dari luar negeri di Belitung juga menjadi menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, terutama dari Malaysia dan Singapura, berkurang.

"Kalau dulu sebelum Covid-19 ada penerbangan dari Kuala Lumpur jumlah penumpangnya cukup mumpuni dan peluang pasarnya juga besar, sehingga kami harus gencar mempromosikan wisata Belitung ketika itu," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing