Bisnis Ikan Hias Tetap Eksis saat Pandemi, Pedagang Raup Omzet Rp1 Juta per Hari

Rizki Ramadhani ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 20:01:00 WIB
Bisnis Ikan Hias Tetap Eksis saat Pandemi, Pedagang Raup Omzet Rp1 Juta per Hari
Ikan cupang. (Foto: iNews.id)

BANGKA BARAT, iNews.id - Meski di tengah bencana nonalam pandemi Covid-19, bisnis ikan hias laris manis dan selalu diburu pembeli dari lokal maupun dari luar daerah. Bahkan, salah satu pegadang ikan hias di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bisa meraup omzet hingga Rp1 juta dalam sehari.

Salah satu pedagang ikan cupang di Kota Muntok, Imam mengatakan, hanya dengan memanfaatkan lahan kosong di rumahnya, dirinya mampu menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan dari hasil budidaya ikan hias. Warna-warni ikan lucu ini kian banyak digemari warga dan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

"Biasanya ikan-ikan hias ini saya jual mulai dari kisaran harga Rp12.000 hingga Rp250.000 per ekor. Ikan hias hasil budidaya ini juga biasa dijual dengan jumlah yang banyak. Dalam sehari saya bisa meraup omzet hingga Rp1 juta," katanya, Rabu (6/1/2021).

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bangka Barat ini mulai menekuni usaha budidaya ikan hias sejak April 2020 lalu. Pria usia 40 tahun ini memanfaatkan waktu luangnya di rumah saat diberlakukan work from home (WFH). 

“Agar tidak bosan di rumah saya mulai membuat satu buah aquarium dan diisi ikan hias di dalamnya. Karena jumlah ikan semakin banyak, lalu saya menjual beberapa ikan hias yang tak tertampung. Tak disangka penjualannya mendapatkan respons positif,” ucapnya.

Saat ini sudah ribuan ikan hias dari beberapa jenis berhasil dia kembangbiakkan, yaitu enhai, juwani, guppy hingga ikan cupang dengan motif berwarna-warni.

Editor : Ikhsa Firmansyah