BRI Cairkan BLT untuk 13 Desa di Bangka Tengah Sebesar Rp1,5 Miliar

Antara · Rabu, 15 September 2021 - 11:00:00 WIB
BRI Cairkan BLT untuk 13 Desa di Bangka Tengah Sebesar Rp1,5 Miliar
BRI cairkan BLT untuk 13 desa di Bangka Tengah sebesar Rp1,5 miliar. (Foto: Ist)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Bank Rakyat Indonesia (BRI) mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk 13 desa di Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Total BLT yang dicairkan Rp1,5 miliar.

"Total dana BLT yang sudah kami cairkan untuk 13 desa itu senilai Rp1,5 miliar," kata Kepala BRI Unit Koba, Dedi Yuliansyah, Rabu (15/9/2021).

Dedi menjelaskan dana BLT senilai Rp1,5 miliar itu merupakan BLT tahap 6, 7, dan 8. Tiap penerima BLT menerima Rp300.000. Data penerima BLT berasal dari desa dan Dinas Sosial Bangka Tengah.

"Data penerima BLT langsung kami terima dari pihak desa dan Dinsos Bangka Tengah. Kami hanya sebagai lembaga perbankan yang dipercaya untuk mencairkan dana," ujarnya.

Selain BLT, BRI juga sudah mencairkan dana penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap II senilai Rp1,8 miliar. Pencairan BPUM melalui rekening masing-masing penerima.

"Proses pencairan dana BLT berdasarkan data dan terinput dalam data penerima BLT di Bank BRI, pencairan langsung ke rekening penerima," ujarnya.

Dia menerangkan, BPUM adalah BLT khusus untuk para UMKM. Prosedur pencairannya melalui layanan e-form untuk melakukan reservasi online bagi penerima BPUM. Menurutnya pola reservasi online akan lebih memudahkan penerima untuk mencairkan BPUM di kantor BRI terdekat.

"Namun jumlah penerima yang akan mencairkan dana BPUM di BRI tetap dibatasi yaitu maksimal sebanyak 50 orang per hari," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto