Buat Inovasi Pertanian di Babel, Gubernur Babel Terapkan Teknologi Drone

Haryanto · Selasa, 09 Februari 2021 - 20:37:00 WIB
Buat Inovasi Pertanian di Babel, Gubernur Babel Terapkan Teknologi Drone
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, iNews.id - Berhasil raih statistik kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) tertinggi di Indonesia berdasarkan data BPS pada Januari 2021, Bangka Belitung (Babel) kembali membuat terobosan baru. Gubernur Erzaldi, berinovasi dengan menerapkan teknologi drone pada sektor pertanian

Menurut Erzaldi, kehadiran teknologi tersebut bertujuan agar transformasi ekspor pada komoditas pertanian serta efisiensi tenaga dan waktu bagi para petani semakin meningkat. Selain itu, guna mewujudkan Negeri Serumpun Sebalai menjadi provinsi maju yang unggul di bidang inovasi agropolitan. 

"Kita rencanakan penerapan teknologi ini sebelum masa tanam, yakni bulan April. Kami berharap peningkatan nilai tukar petani semakin baik dengan kehadiran teknologi ini," kata Gubenur Erzaldi, Selasa (9/2/2021). 

Gubernur Erzaldi yang berhasil mempertahankan opini WTP di Babel berturut-turut menjelaskan, komoditas pertanian yang saat ini dikembangkan di wilayahnya berkategori membutuhkan lahan luas seperti padi, sawit dan lada

Oleh karena itu, penggunaaan teknologi drone sendiri dapat memberikan banyak keuntungan serta manfaat bagi para petani. 

"Beberapa di antaranya yaitu memberikan gambaran tanaman mana saja yang sudah siap dibudi dayakan. Tanaman mana saja yang harus diberi pupuk, yang perlu diberikan perawatan khusus, antisipasi penyakit pada tanaman. Hingga mencegah kegagalan-kegagalan sebelum panen," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2