Bupati Bangka Barat Sampaikan Rancangan Awal RPJMD dalam Rapat Paripurna Bersama DPRD

Rizki Ramadhani · Jumat, 04 Juni 2021 - 16:04:00 WIB
Bupati Bangka Barat Sampaikan Rancangan Awal RPJMD dalam Rapat Paripurna Bersama DPRD
Bupati Bangka Barat, Sukirman saat menyampaikan rancangan awal RPJMD di Gedung DPRD Bangka Barat, Jumat (4/6/2021). (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Bupati Bangka Barat, Sukirman menyampaikan rancangan awal RPJMD ke DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan paling lama 40 hari sejak kepala daerah dan wakil kepala daerah dilantik. Kesepakatan dalam pembahasan rancangan awal RPJMD bersama DPRD paling lambat 10 hari sejak dokumen rancangan awal RPJMD diterima oleh ketua DPRD.

"RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD. Memperhatikan RPJMN memuat arah kebijakan keuangan daerah strategi pembangunan daerah kebijakan umum dan program perangkat daerah," katanya, Jumat (4/6/2021).

Dokumen RPJMD, kata dia, merupakan dokumen yang digunakan oleh perangkat daerah dalam menyusun perencanaan lima tahunan serta perencanaan tahunan. Sebab, dokumen tersebut merupakan perwujudan dari visi dan misi serta program dari kepala daerah. 

"Visi pembangunan dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Bangka Barat tahun 2021-2026 adalah terwujudnya masyarakat Bangka Barat yang maju sejahtera dan bermartabat. Visi itu diterjemahkan ke dalam tiga misi yaitu memajukan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, memajukan sumber daya manusia yang berdaya saing dan berakhlak mulia, serta mewujudkan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar," ucapnya . 

Editor : Ikhsa Firmansyah