Setelah 2 Kali Tertunda, Akhirnya Bangka Barat Luncurkan Program Berobat Gratis 

Rizki Ramadhani · Jumat, 04 Juni 2021 - 11:55:00 WIB
Setelah 2 Kali Tertunda, Akhirnya Bangka Barat Luncurkan Program Berobat Gratis 
Penandatanganan program jaminan kesehatan UHC untuk masyarakat Bangka Barat, Jumat (4/6/21). Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Setelah mengalami penundaan hingga dua kali, program jaminan kesehatan universal health coverage (UHC) atau program berobat gratis untuk masyarakat Bangka Barat akhirnya diluncurkan. Acara peluncuran dilaksanakan di Gedung Aparatur Negara Setda Pemkab Bangka Barat pada Jumat, (4/6/21).

Bupati Bangka Barat, Sukirman, memastikan, 96 persen masyarakat sudah terjamin BPJS maka program UHC ini bisa diselenggarakan. Seluruh masyarakat kini bisa berobat gratis karena pemerintah kabupaten (pemkab) telah menjamin pembiayaannya. 

"Masyarakat Bangka Barat yang telah terdaftar di program jaminan kesehatan ini baik dari PNS, TNI-Polri maupun mandiri sebanyak 196.727 jiwa atau secara persentase 96,2%. Insya Allah tinggal mengejar  1,8% lagi dari target," ujar Sukirman.

Peluncuran program jaminan kesehatan ini ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dan nota kesepahaman antara Pemkab Bangka Barat dengan BPJS cabang Pangkalpinang. Pelaksanaan ini sempat tertunda karena adanya ketentuan yang perlu direvisi dan telah disetujui oleh DPRD Bangka Barat.

"Jadi saya jamin semua masyarakat Bangka Barat yang telah terdaftar tidak akan ada cerita ditolak oleh rumah sakit yang bekerjasama dengan kita. Karena anggaran yang telah disepakati Rp25 miliar lebih," ujar Sukirman.

Editor : Erwin Sihombing