Disiplin Masyarakat Rendah, Babel Evaluasi Penerapan Prokes Covid-19

Antara · Kamis, 03 Juni 2021 - 15:40:00 WIB
Disiplin Masyarakat Rendah, Babel Evaluasi Penerapan Prokes Covid-19
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengevaluasi kembali berbagai kebijakan penerapan protokol kesehatan Covid-19, guna mengubah pola pikir masyarakat untuk lebih disiplin. Foto: Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Disiplin masyarakat Bangka Belitung (Babel) dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 tergolong rendah. Menyikapi kondisi tersebut, Satgas Covid-19 Babel bakal mengevaluasi pola pendekatan agar masyarakat patuh prokes.

Angka kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan masyarakat Babel berada pada 63,3 persen dari 87,17 persen rerata nasional. Fakta ini sudah menunjukkan bahwa masyarakat Babel tidak disiplin prokes.

“Ada beberapa yang menjadi perhatian pemerintah daerah dalam hal mencoba mengevaluasi kembali tindakan dan kebijakan-kebijakan yang selama ini diterapkan dalam meningkatkan kedisiplinan masyarakat mematuhi prokes ini," kata Sekretaris Satgas Covid- 19 Babel, Mikron Antariksa, saat menghadiri diskusi grup terfokus, di Pangkalpinang, Kamis (3/6/2021).

Menurut dia, salah satu kebijakan yang perlu dievaluasi yaitu, bagaimana mengubah pola pikir masyarakat dalam menerapkan prokes Covid-19 ini. Selama ini, pemerintah menggencarkan sosialisasi melawan virus corona namun tingkat penyebaran masih tinggi.

"Kita selama ini bersusah payah dengan mengerahkan seluruh tenaga melawan Covid-19, namun hingga saat ini penyebaran virus corona ini terus terjadi bahkan mengalami peningkatan di Indonesia khususnya Bangka Belitung," kata dia.

Editor : Erwin Sihombing