Belitung Timur Razia ASN Nongkrong di Warkop saat Jam Kerja

Devi Sulitya ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 10:40:00 WIB
Belitung Timur Razia ASN Nongkrong di Warkop saat Jam Kerja
Tim gabungan Pemkab Belitung Timur merazia ASN keluyuran saat jam kerja di pusat keramaian termasuk warkop, Kamis (3/6/2021). Razia akan rutin dilakukan untuk meningkatkan disiplin pegawai. Foto: iNews.id/Devi Sulitya

MANGGAR, iNews.id – Tim gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim), Provinsi Bangka Belitung (Babel) merazia aparatur sipil negara (ASN) yang keluyuran saat jam kerja. Tim menyisir pusat keramaian dan warung kopi (warkop) di sekitaran Manggar, Kamis (3/6/2021).

Tim gabungan terdiri dari Satpol PP, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Inspektorat, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah. Tim dibagi dalam tiga regu untuk merazia pegawai ASN dan non-ASN yang keluyuran pada saat jam kerja. 

“Kita turunkan tiga regu. Masing-masing regu sudah dibagi ke tempat-tempat mana saja yang  potensial dijadikan tempat oknum pegawai pada jam kerja nongkrong atau berkeliaran,” kata Kasatpol PP Zikril.

ASN yang kedapatan keluyuran di luar tempat wilayah kerjanya tanpa izin pimpinan, akan ditertibkan. Jika ASN tersebut berada di lapangan karena menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pekerjaannya tetapi nongkrong di pusat keramaian juga ditertibkan.

“Misalnya bukan petugas yang tupoksinya di luar kantor ada di luar kantor, atau sebaliknya, yang harusnya tugas ke lapangan kok tidak turun ke tengah lapangan publik. Kita lihat tupoksinya dulu,” ujarnya.  

Hasil razia tersebut, tim berhasil menjaring ASN yang tidak disiplin atau bolos. Kebanyakan dari mereka melakukan pelanggaran ringan.

Dia menjelaskan, kegiatan pemantauan ini akan secara rutin dilaksanakan baik oleh Satpol PP maupun tim. Tim akan merazia tempat lain dengan sasaran yang berbeda.

“Ini giat rutin yang kita tingkatkan frekuensinya, bertepatan juga dengan program 100 hari kerja Kepemimpinan Kepala Daerah. Di tupoksi Satpol PP pada program Peningkatan  Disiplin Aparatur dan pada jadwal berikutnya kita monitor tempat dan sasaran berbeda,” ujar Zikril. 

Editor : Erwin Sihombing