Gubernur Babel Sebut Satgas Covid-19 Salah Sasaran

Haryanto · Kamis, 03 Juni 2021 - 15:21:00 WIB
Gubernur Babel Sebut Satgas Covid-19 Salah Sasaran
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, meminta pengawasan prokes dievaluasi. Satgas Covid-19 Babel kurang fokus mengawasi masyarakat di wilayah Babel. Foto: Istimewa

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman sangat menyayangkan terjadinya peningkatan penyebaran Covid-19 saat ini. Peningkatan kasus disebabkan tidak disiplinnya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Dia menilai, Satgas Covid-19 Babel tidak tepat sasaran dalam melakukan pengawasan. Satgas terlalu fokus pada lalu lintas orang keluar dan masuk Babel sementara warga di dalam wilayah sendiri kurang diawasi.

“Kita selama ini menjaga gawang, mengetes ketika orang masuk ke Babel. Tetapi tidak melakukan tes terhadap orang-orang yang sudah ada di Babel itu sendiri, nah ini kekeliruan yang terjadi selama ini,” kata Erzaldi, saat menggelar rapat dengan jajaran Forkopimda, Rabu (2/6/2021)

Dia meminta satgas melakukan pembatasan kembali terhadap tempat-tempat yang terjadi keramaian seperti cafe-cafe, tempat anak muda berkumpul serta tempat hiburan lainnya. Tidak hanya ketat mengawasi warga yang keluar dan masuk Babel.

Selain itu, Gubernur Erzaldi menyinggung, pentingnya pengoptimalan dana desa dari pemerintah pusat untuk digunakan dalam penanganan Covid-19. Pasalnya, penanganan Covid-19 di Babel memerlukan anggaran yang memadai, sehingga jumlah kasus warga terpapar dapat ditekan.

“Selama ini dana desa belum pernah digunakan untuk penanganan Covid-19, sedangkan dana tersebut sudah diperbolehkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI," kata dia.

Gubernur mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, agar penggunaan dana desa di Babel tidak berbenturan dengan aturan berlaku. Erzaldi mengaku bakal mengomunikasikan hal ini kepada BPKP.

"Untuk itu, dalam waktu dekat ini kami akan lakukan rapat kembali dan menghadirkan pihak BPKP Perwakilan Babel dan pihak lainnya, sehubungan pengunaan dana tersebut supaya pihak desa tidak ragu,” ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing