Catat! Bupati Bangka Selatan Siap Copot Kades Nakal

Wiwin Suseno ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 14:22:00 WIB
Catat! Bupati Bangka Selatan Siap Copot Kades Nakal
Bupati Riza Herdavid saat melantik 31 Kades di Bangka Selatan. (Foto: iNews.id/ Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid akan mengambil langkah tegas bagi kepala desa (kades) nakal yang menyalahkan kewenangannya dalam melaksanakan tugas. Hal itu disampaikannya saat melantik 31 kades di Bangka Selatan, Kamis (20/1/2022).

"Kalau memang tidak bisa lagi dibina, apa boleh buat akan kita copot. Sebab bupati punya wewenang untuk mencopot kades yang menyalahgunakan kewenangannya dan tidak amanah. Sama halnya dengan bupati juga bisa dicopot," katanya.

Pemkab Bangka Selatan, kata dia, membuka pintu selebar-lebarnya kepada para kades yang ingin berkonsultasi dan meminta bimbingan, agar dalam menjalankan tugas tidak menyalahi aturan.

"Kami akan fasilitasi bagi kades yang belum paham aturan dalam melaksanakan tugas. Bisa langsung ke saya, bisa melalui dinas terkait. Intinya kita akan bantu memberikan pembinaan," ucapnya.

Ia juga meminta agar kades yang dilantik tersebut dapat mengikuti kegiatan-kegiatan pembinaan dari Pemkab Bangka Selatan, sehingga dapat memahami regulasi yang ada di desa. 

"Saya juga meminta agar kades bisa bersinergi dengan BPD di desa masing-masing dalam membangun desa," katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: