Cegah Abrasi Pantai, Bangka Tengah Bangun Breakwater Sepanjang 1,9 Kilometer

Rachmat Kurniawan ยท Kamis, 08 September 2022 - 12:39:00 WIB
Cegah Abrasi Pantai, Bangka Tengah Bangun Breakwater Sepanjang 1,9 Kilometer
Peletakan batu pertama pembangunan breakwater di Pantai Kebang Kemilau Bangka Tengah oleh Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Kamis (8/9/2022). (Foto:iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, membangun breakwater atau pemecah ombak di sepanjang garis Pantai Kebang Kemilau Koba. Breakwater sepanjang 1,9 kilometer tersebut untuk mencegah abrasi pantai.

"Hari ini kita bersama-sama mendoakan dan memulai kegiatan pembangunan breakwater ini agar aman dan lancer,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman saat peletakan batu pertama pembangunan breakwater, Kamis, (8/9/2022).

Algafry mengatakan pembangunan breakwater ini sangat penting guna mencegah abrasi dan ancaman banjir rob yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. 

“Kalau air laut pasang bisa sampai ke jalan raya dan ini sudah pernah terjadi. Belum lagi abrasi yang terjadi, seperti kita lihat di area warung-warung makan tepi pantai itu," ucapnya.

Algafry pun berterima kasih atas perhatian pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan breakwater ini.

"Saya sangat senang sekali dan terima kasih pembangunan ini bisa dilaksanakan. Saya harap nantinya pembangunan ini tidak hanya sampai ujung Pantai Kebang Kemilau. Saya tetap mengusulkan pembangunan breakwater ini bisa dilanjutkan hingga pantai yang ada di Kelurahan Berok," ujarnya. 

Pemerintah pengalokasian dana sebesar Rp66,3 miliar untuk pembangunan breakwater atau pemecah ombak di Pantai Kebang Kemilau Koba, Kabupaten Bangka Tengah ini.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: