Cuaca Ekstrem, BPBD Bangka Barat Imbau Nelayan Tunda Aktivitas Melaut

Rizki Ramadhani ยท Jumat, 09 September 2022 - 14:14:00 WIB
Cuaca Ekstrem, BPBD Bangka Barat Imbau Nelayan Tunda Aktivitas Melaut
Sejumlah kapal nelayan ditambatkan di pesisir pantai lantaran tidak melaut akibat cuaca ekstrem. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, meminta warga pesisir dan nelayan untuk tetap waspada terhadap ancaman badai. Sementara waktu, nelayan diimbau untuk menunda aktivitas melautnya.

"Kami sampaikan kepada masyarakat pesisir, khususnya nelayan agar berhati-hati terhadap cuaca yang mulai ekstrem, Kami imbau untuk menunda dahulu melaut sampai cuaca membaik. Sebab, kita tidak tahu tiba-tiba datang gelombang tinggi atau banjir rob yang cukup membahayakan," kata Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi, Jumat (9/9/2022). 

Achmad menyampaikan untuk saat ini ketinggian gelombang laut di Perairan Bangka Barat masuk kategori sedang. 

Merujuk pada tabel prakiraan harian tinggi gelombang BMKG,  untuk perairan yang dikategorikan sedang yaitu perairan yang memiliki tinggi gelombang berkisar antara 1,25 sampai 2,50 meter. 

"Sebenarnya ini kita masuk musim pra-hujan,  nanti puncak-puncaknya pada September hingga April. Untuk gelombang sementara kondisinya masih (kategori) sedang, kami harap masyarakat tetap waspada," ucapnya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: