Cuaca Tak Menentu, Nelayan di Bangka Barat Diminta Waspada Ancaman Hujan Badai

Rizki Ramadhani ยท Jumat, 24 Juni 2022 - 13:06:00 WIB
Cuaca Tak Menentu, Nelayan di Bangka Barat Diminta Waspada Ancaman Hujan Badai
Anggota Satpolair Polres Bangka Barat saat melakukan sosialisasi ke masyarakat pesisir dan nelayan di Tanjung Limbung Muntok. (Foto: Ist)

BANGKA BARAT, iNews.id - Satpolair Polres Bangka Barat mengimbau warga pesisir dan nelayan untuk tetap waspada terhadap ancaman badai. Imbauan tersebut disampaikan mengingat cuaca yang tak menentu di daerah itu. 

Kasat Polair Polres Bangka Barat, AKP Candra Wijaya mengatakan, apabila mengalami kecelakaan atau banjir segera melapor ke Pos Satpolair untuk dilakukan evakuasi baik barang maupun warga.

"Melaut harus berhati-hati dan waspada, sebab cuaca sering berubah dan saat ini sering hujan. Kondisi gelombang tenang saat ini, cuma yang dikhawatirkan hujan badai. Anggota terus patroli di daerah pesisir dan tetap siaga. Jika terjadi bencana segera hubungi call center Satpolair di nomor 081367036174," kata Candra, Jumat (23/6/2022). 

Dia mengimbau masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan sebelum melaut agar menyiapkan alat keselamatan diri, seperti jaket pelampung dan jeriken kosong. 

"Life jacket itu perlu apabila terjadi kecelakaan kemungkinan selamat sangat besar. Itulah pentingnya alat keselamatan. Sebelum melaut juga harus memperhatikan cuaca," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengingatkan warga Kampung Tanjung Laut, Tanjung Muntok, yang merupakan permukiman langganan banjir rob untuk senantiasa waspada sewaktu-waktu air laut pasang dan gelombang tinggi.

"Untuk Kampung Tanjung Laut memang sering banjir, kami minta mereka selalu waspada banjir rob yang datangnya tiba-tiba," katanya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: