Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Reza Rizki Saputra ยท Senin, 12 September 2022 - 19:14:00 WIB
Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia
Daerah penghasil timah terbesar di Indonesia banyak didominasi dari Pulau Sumatera.. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.idDaerah penghasil timah terbesar di Indonesia banyak didominasi dari Pulau Sumatera. Indonesia merupakan penghasil timah terbesar kedua di dunia setelah China.

Berdasarkan data Peluang Investasi Timah Indonesia tahun 2020, cadangan timah Indonesia menguasai sekitar 17 persen dari total cadangan timah dunia. 

Selain itu, menurut US Geological Survey dalam buku Mineral Commodity Summaries (2020), Indonesia memproduksi sebanyak 85.000 ton timah dari total cadangan timah dunia yang mencapai 800.000 ton. 

Pada tahun 2018, Indonesia telah berhasil mengekspor timah kepada 26 negara tujuan dengan total nilai transaksi yang cukup besar. 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa jumlah sumber daya timah dalam bentuk bijih mencapai sekitar 4,4 miliar ton. Sedangkan dalam bentuk logam sebesar 1,06 juta ton.

Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia dilansir dari jurnal esdm.go.id, Indonesia telah menjadi penghasil timah besar dunia sejak awal abad ke-20. 

Sumber daya tersebut berasosiasi dengan Sabuk Timah Asia Tenggara yang membentang melalui Sumatera, Kepulauan di timur Sumatra, dan bagian barat Kalimantan. 

Penambangan timah telah banyak menghasilkan devisa negara, namun juga dapat merusak lingkungan jika tidak direncanakan dan dikelola dengan baik.

Berdasarkan Prasasti Kotakapur di muara Sungai Mendu wilayah Bangka Barat, timah diperkirakan telah mulai dipergunakan oleh masyarakat Indonesia sejak abad ke-7.

Berdasarkan data Peluang Investasi Timah 2020 pada Kamis 9 September 2021, urutan provinsi di Indonesia sebagai penghasil timah terbesar adalah Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki sumber daya bijih timah hingga 9,97 miliar ton.

Diikuti dengan Kepulauan Riau dengan sumber daya bijih timah sebanyak 813,47 juta ton. Kemudian Provinsi Riau dengan sumber daya bijih timah sebanyak 0,22 juta ton, dan terakhir Kalimantan Barat dengan sumber daya bijih timah sebanyak 0,004 juta ton.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: