Dinkes Bangka Tengah Ingatkan Warga Waspada Hepatitis Akut, Kenali Gejalanya

Antara ยท Kamis, 30 Juni 2022 - 11:20:00 WIB
Dinkes Bangka Tengah Ingatkan Warga Waspada Hepatitis Akut, Kenali Gejalanya
Ilustrasi hepatitis di Indonesia. (Foto: Reuters)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan warga untuk lebih waspada terhadap serangan hepatitis akut. Gejala-gejala yang bisa dicurigai sebagai penyakit hepatitis akut misterius yaitu demam, mual dan diare.

“Sejauh ini tidak ditemukan hepatitis akut di Bangka Tengah, tetapi warga diminta tetap waspada,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Anas Maarif, Kamis (30/6/2022).

Dia mengatakan hepatitis ada beberapa jenis yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E yang menyerang organ hati manusia. Namun kasus hepatitis yang sekarang ini agak berbeda dari hepatitis lainnya.

"Kalau dalam istilah medis, kami menyebutnya hepatitis akut misterius karena belum banyak hal yang bisa dipelajari dan diketahui mengenai penyakit itu," ujarnya.

Menurut dia penyakit hepatitis yang sampai menyebabkan kejadian meninggal dunia terbilang cukup jarang dan langka.

"Kalau penyakit hepatitis kronis dapat terdeteksi lebih awal dan butuh waktu yang panjang, namun hepatitis akut misterius ini terdeteksi saat penyakitnya sudah parah sehingga pasien tidak bisa tertolong lagi," ucapnya.

Adapun gejala-gejala yang bisa dicurigai sebagai penyakit hepatitis akut misterius ini adalah demam, mual dan diare.

"Jika kasus yang terjadi di Jakarta, hepatitis akut ini lebih rentan terjadi pada anak usia 6-11 tahun," katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: