Gubernur Babel Bangun Talud di Pantai Pesaren

Antara ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 17:45:00 WIB
Gubernur Babel Bangun Talud di Pantai Pesaren
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat meletakkan batu pertama pembangunan pengamanan abrasi Pantai Pesaren Desa Bintet, Kamis (10/6/2021). Foto: Antara

SUNGAILIAT, iNews.id - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan, melakukan peletakan batu pertama pembangunan talud sepanjang 500 meter di Pantai Pesaren, Bangka. Pembangunan talud di kawasan wisata itu sebagai langkah mitigasi potensi abrasi.

Menurut Erzaldi, talud dibutuhkan untuk menahan ombak pantai. Pantai Pesaren diketahui berbatasan dengan Laut China Selatan.

"Kalau tidak ada pengamanan, lama-kelamaan pantai ini akan rusak oleh ombak besar," kata Erzaldi, saat meletakkan batu pertama pembangunan pengamanan abrasi Pantai Pesaren, Desa Bintet, Kamis (10/6/2021).

Dia mengatakan, pembangunan talud dilakukan atas permintaan masyarakat. Sebab kawasan tersebut ramai dikunjungi wisatawan karena menjadi destinasi alternatif.

"Pembangunan pengamanan pantai berdasarkan permintaan masyarakat, karena pantai yang merupakan kawasan wisata ini lama-kelamaan akan menyusut akibat tergerus ombak yang cukup besar," kata dia.

Erzaldi mengungkapkan pula pembangunan talud ini merupakan tahap awal pengamanan. Ke depan terbuka kemungkinan Pemprov Babel membangun  breakwater atau pemecah gelombang.

Kepala Desa Bintet David Irwanto mengatakan, pembangunan pengamanan pantai Pesaren dilaksanakan mulai hari ini, dikarenakan air laut sedang surut. Dia juga mengakui masyarakat sudah lama menantikan pembangunan talud.

"Sekarang pas surut jadi cocok untuk dilakukan peletakan batu pertama, pembangunan ini sudah dinanti-nantikan masyarakat," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing