Ibnu Saleh Meninggal, KPU Bateng Minta Parpol Koalisi Beriman Ajukan Pergantian Calon

Rachmat Kurniawan ยท Selasa, 06 Oktober 2020 - 18:35:00 WIB
Ibnu Saleh Meninggal, KPU Bateng Minta Parpol Koalisi Beriman Ajukan Pergantian Calon
Ketua KPU Bagka Tengah, Rusdi memberikan keterangan di media center KPU Bangka Tengah, Selasa (06/10/2020). (foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah telah mengirimkan surat resmi kepada partai politik (parpol) Koalisi Bersama Ibnu Saleh-Heri Erfian (Beriman), untuk segera mengusulkan pergantian calon bupati yang diusung. Calon tersebut akan menggantikan posisi Calon Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, yang meninggal pada Minggu (4/10/2020) lalu sehingga berstatus berhalangan tetap.

“Sehari setelah meninggalnya calon bupati, kami langsung mengirimkan surat kepada parpol koalisi, terkait pengusulan pergantian calon pengganti. Dalam aturan, parpol pengusung dapat mengajukan penggantian calon selama sepekan setelah calon dinyatakan berhalangan tetap atau meninggal dunia,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Rusdi saat dijumpai di kantornya, Selasa (06/10/2020).

KPU Kabupaten Bangka Tengah telah melakukan pertemuan tatap muka dengan parpol pengusung, yakni Partai Nasdem, Golkar, Gerindra, PPP, PAN, PKS, dan PKB. Pertemuan tersebut membahas detail teknis pengajuan pergantian calon bupati yang berhalangan tetap.

“Kemarin (Senin) kami telah bertemu tatap muka dengan parpol koalisi untuk menyampaikan detail pengajuan calon pengganti kepada KPU. Dari komunikasi tersebut, hingga saat ini parpol koalisi belum ada pengajuan, namun mereka memastikan siap untuk mengusulkan calon pengganti,” katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah