Koalisi Beriman Bahas Pengganti Almarhum Ibnu Saleh di Pilkada Bangka Tengah

Rachmat Kurniawan ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 21:40:00 WIB
Koalisi Beriman Bahas Pengganti Almarhum Ibnu Saleh di Pilkada Bangka Tengah
Koalisi Beriman yang diketuai Algafri Rahman (Jas Kuning di tengah). (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Koalisi Bersama Ibnu Saleh - Heri Erfian (Beriman) yang terdiri dari tujuh partai politik (Parpol) pengusung di Pilkada Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pertemuan di Jakarta, Senin (5/10/2020) malam. Pertemuan ini membahas pergantian Ibnu Saleh calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah yang berhalangan tetap karena meninggal dunia.

Rapat Koalisi BERIMAN akan dihadiri sejumlah pimpinan partai pengusung, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Koalisi Beriman Algafri Rahman mengatakan pertemuan ini cukup mendesak mengingat masa pengusulan pergantian calon bupati hanya selama sepekan.

"Para pimpinan partai di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Koalisi BERIMAN malam ini akan gelar rapat bersama di Jakarta, dengan agenda membahas pengganti calon bupati almarhum Ibnu Saleh yang berhalangan tetap," ujar Ketua Tim Koalisi BERIMAN, Algafry Rahman, Senin (05/10/2020).

Menurutnya, nama-nama pengganti almarhum Ibnu Saleh mengacu kepada rekomendasi DPP dari masing-masing partai politik pengusung BERIMAN. Untuk menetapkan namanya, partai koalisi berembug dan memplenokan nama pengganti, selanjutnya ditetapkan apakah sebagai calon bupati dan wakil bupati.

"Kalau rekomendasi dari DPP Golkar kebetulan saya di Partai Golkar mengajukan nama Herry Erfian sebagai calon bupati, dan mencari pasangan calon wakil bupati. Tapi, itu usulan Golkar, setuju atau tidaknya tergantung dari rapat partai koalisi BERIMAN," tuturnya.

Politisi Golkar itu mengatakan, sampai saat ini koalisi partai BERIMAN masih solid untuk memenangkan calon bupati dan wakil bupati, yang nantinya ditawarkan kepada masyarakat Bangka Tengah untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Bangka Tengah pada 9 Desember mendatang.

"Alhamdulillah koalisi partai yang mengusung BERIMAN masih solid. Kami diberi kesempatan oleh KPU selama tujuh hari, untuk mencari pengganti almarhum," ucapnya.

Ia mengingatkan masyarakat Bangka Tengah, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, dengan selalu gunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

"Terus kita disiplinkan diri di masa pandemi Covid-19 ini, untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah