Idul Adha, Penyeberangan di Pelabuhan Tanjungkalian Dibatasi

Antara ยท Senin, 19 Juli 2021 - 16:39:00 WIB
Idul Adha, Penyeberangan di Pelabuhan Tanjungkalian Dibatasi
Ketua Satgas Pengendalian Covid-19 Bangka Barat bersama koordinator tim verifikasi Angkutan Laut Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok. Foto: Antara/Donatus Dasapurna

MENTOK, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka Barat memutuskan untuk meningkatkan pengawasan di Pelabuhan Tanjungkalian selama libur Idul Adha. Pasalnya, pelayanan penyeberangan dibatasi sejak 18-25 Juli 2021 untuk menekan potensi klaster libur Idul Adha.
 
Koordinator Tim Verifikasi Angkutan Laut Pelabuhan Tanjungkalian, Kapten Yuli Prabowo mengatakan, warga yang mau menyeberang harus memiliki kepentingan mendesak dengan dilengkapi surat tugas. Satgas telah menyiapkan kriteria untuk warga yang diizinkan menyeberang.

"Sesuai edaran yang baru, warga yang diizinkan hanya yang menggunakan surat tugas, mengantar jenazah atau meninggal dan mereka yang sakit keras sesuai kriteria," kata Yuli, Senin (19/7/2021).

Pengetatan pengawasan dan pembatasan layanan dilakukan  menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Satgas Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pembatasan aktivitas masyarakat selama libur Idul Adha 1442 Hijriah. Sementara ini, pelabuhan masih melayani penumpang masuk maupun keluar hingga pukul 12.00 WIB.

"Pembatasan berpergian bagi pelaku perjalanan ini berlaku mulai 18 hingga 25 Juli 2021," ujarnya.

Tim verifikasi Satgas Angkutan Laut bersama tim gabungan di Bangka Barat telah melakukan koordinasi dan akan bergerak bersama untuk melakukan pembatasan di Pelabuhan Tanjungkalian sesuai dengan aturan tersebut. Diharapkan masyarakat memahami adanya aturan pembatasan ini.

"Kami berharap masyarakat memahami maksud dan tujuan pembatasan perjalanan ini sebagai upaya kita bersama dalam meminimalkan potensi penularan virus. Aktivitas masyarakat selama libur memberikan peluang meningkatnya penularan Covid-19 di masyarakat terutama klaster rumah tangga," katanya. 

Editor : Erwin C Sihombing