Pemuda Bangka Temukan Rahasia Kenikmatan Kopi, Direbus dengan Durian

Haryanto ยท Senin, 19 Juli 2021 - 14:59:00 WIB
Pemuda Bangka Temukan Rahasia Kenikmatan Kopi, Direbus dengan Durian
Pemuda di Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung (Babel), melanjutkan tradisi meminum kopi duren. Durian yang sudah dikupas diambil isinya dan direbus bersamaan dengan kopi hingga air mendidih. Foto: iNews.id/Haryanto

BANGKA, iNews.id - Pemuda Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung (Babel), menemukan rahasia kenikmatan kopi. Dicampur dengan buah durian dan direbus bersamaan hingga air mendidih.

Cara ini sering dilakukan pemuda ketika musim durian. Buah durian yang sudah dikupas diambil isinya lalu diaduk bersama kopi tanpa gula sembari direbus hingga mendidih, racikan ini disebut dengan kopi duren.

"Kopi duren ini adalah kopi tanpa gula yang direbus di api hingga mendidih, kemudian dimasukkan buah durian dan diaduk hingga merata. Rasanya sungguh sangat luar biasa enaknya," kata peracik kopi duren, Deddy Marjaya, Senin (19/7/2021).

Racikan ini, kata Deddy, kerap dilakukannya bersama warga lain saat menunggu durian jatuh dari pohonnya sejak dulu. Tradisi menikmati kopi duren masih dilanjutkan hingga kini. 

"Resep ini sering anak-anak muda Sumatera lakukan, saat menunggu durian jatuh di kebun. Mungkin ini bisa dicoba di tempat lain," tuturnya.

Editor : Erwin C Sihombing