Ini Cara Polairud Polda Babel Cegah Banjir di Musim Penghujan

Ikhsa Firmansyah ยท Kamis, 19 November 2020 - 09:28:00 WIB
Ini Cara Polairud Polda Babel Cegah Banjir di Musim Penghujan
Kegiatan bersih-bersih di Sungai Kolong Nangka, Kelurahan Keramat, Pangkalpinang, Kamis (19/11/20). (Foto: iNews.id/Ikhsan Firmansyah)

PANGKALPINANG, iNews.id - Polairud Polda Bangka Belitung (Babel) melibatkan kelurahan/kecamatan dan masyarakat setempat untuk bersih-bersih di aliran Sungai Kolong Nangka, Kelurahan Keramat, Kota Pangkalpinang, Kamis (19/11/2020) pagi. Kegiatan ini merupakan salah satu cara Polairud dalam mencegah banjir di kawasan tersebut di musim penghujan.

Menggunakan dua unit perahu karet, kegiatan bersih-bersih sungai dimulai dengan menyusuri aliran Sungai Kolong Nangka yang dipenuhi dengan sampah rumah tangga itu.

Dir Polairud Polda Babel, Kombes Pol M Zainul mengatakan, kegiatan bersih sungai ini merupakan salah satu rangkaian HUT ke-70 Polairud.

“Kegiatan bersih sungai ini juga merupakan salah satu cara kami untuk mencegah terjadinya banjir, apalagi saat ini sedang memasuki musim penghujan,” katanya.

Salah satu warga Kelurahan Keramat, Aswaidah mengatakan, kawasan ini merupakan daerah rawan banjir jika musim hujan tiba.

“Terima kasih Polairud, telah membersihkan daerah kami. Kalau musim penghujan daerah sini sering kebanjiran, air disungai meluap akibat banyaknya sampah,” ujarnya.

Camat Rangkui, Muhammad Subhan, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya debit air maupun tingkat sedimentasi di sini sangat cepat, sehingga menyebabkan daerah ini rawan banjir.

“Kami minta masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di aliran sungai, karena dapat menyebabkan banjir dan pecemaran lingkungan sungai,” kata Camat Rangkui.

Editor : Ikhsa Firmansyah