Tekan Sengketa Pilkada, KPU Bangka Barat Perbanyak Simulasi Hitung Suara

Antara ยท Kamis, 19 November 2020 - 09:04:00 WIB
Tekan Sengketa Pilkada, KPU Bangka Barat Perbanyak Simulasi Hitung Suara
Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi menunjukkan format penghitungan suara yang akan dipakai dalam Pilkada 2020. (Foto: Antara/Donatus Dasapurna)

BANGKA BARAT, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan memperbanyak kegiatan simulasi penghitungan suara. Kegiatan itu untuk menghindari kemungkinan terjadinya sengketa pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

"Sebagian besar sengketa yang terjadi dalam pemilu adalah adanya ketidaksamaan data yang tercantum dalam format hasil penghitungan suara," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi, Kamis (19/11/2020).

Menurutnya, kesalahan dalam pengisian data tersebut banyak disebabkan karena para petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) kurang jeli dan paham tata cara pengisian format laporan. Selain itu, ada beberapa petugas yang tidak mengikuti prosedur tata cara pemungutan suara. Masalah bisa muncul dari proses awal menerima surat suara hingga membuat pelaporan sehingga ada perbedaan data akhir.

Petugas perlu lebih teliti menjalankan tata cara pemungutan, misalnya, sejak awal menerima kotak suara berisi surat suara wajib untuk menghitung jumlah suara suara yang diterima.

"Kesalahan yang terjadi biasanya petugas tidak menghitung ulang, tetapi hanya berpatokan pada daftar yang diterima. Ini yang menyebabkan hasil akhir tidak sama dan berpotensi disengketakan," katanya.

Editor : Nani Suherni