Instruksikan PPKM, Gubernur Erzaldi Kirim GeNose ke Desa Sadai Bangka Selatan

Haryanto ยท Sabtu, 27 Maret 2021 - 17:35:00 WIB
Instruksikan PPKM, Gubernur Erzaldi Kirim GeNose ke Desa Sadai Bangka Selatan
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat melakukan kunjungan ke Desa Tukak Sadai. (Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengimbau Desa Tukak Sadai, Bangka Selatan, melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menyusul adanya 31 orang terkonfirmasi Covid-19. Guna deteksi dini Covid-19, Gubernur Erzaldi akan mengirimkan alat GeNose ke desa tersebut.

Erzaldi mengatakan, PPKM skala mikro tersebut guna memutus rantai penyebaran virus corona di wilayah Desa Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Babel.

"Besok kami akan mendatangkan alat deteksi dan diagnosis Covid-19 melalui hembusan nafas GeNose C19 milik Pemprov Babel. Dengan adanya GeNose C19, dapat melacak virus secara cepat di masyarakat, sehingga Satgas Covid-19 Bangka Selatan dapat segera mengambil kebijakan," ujarnya, Sabtu (27/3/2021).

Erzaldi juga telah menginstruksikan kepada perangkat desa untuk segera mendata para lansia dan penderita komorbid. Sebab, kategori tersebut berisiko mengalami kondisi parah ketika terinfeksi virus corona. 

"Kalau sudah ada datanya, lekas kirimkan ke kami. Saya akan kirim vaksin sesegera mungkin," katanya.

Terkait pasien corona yang membutuhkan penanganan khusus, dirinya meminta pihak puskesmas untuk segera merujuk ke Rumah Sakit Covid Babel di RSUP Ir Soekarno. Sebab, rumah sakit itu telah memiliki fasilitas dan peralatan yang mendukung. 

Dirinya juga berharap dengan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini, baik TNI/Polri maupun pihak kabupaten, persoalan ini dapat segera teratasi. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2