Kanwil Kemenkumham Babel Sidak Rutan Muntok, Ada Apa?

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 21 April 2022 - 16:00:00 WIB
Kanwil Kemenkumham Babel Sidak Rutan Muntok, Ada Apa?
Rutan Kelas II B Muntok. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Muntok. Satu per satu kamar yang dihuni warga binaan digeledah, Kamis (21/4/2022).

Dalam penggeledahan tersebut ditemukan sejumlah barang-barang yang dilarang di sel tahanan, seperti batu dan sejumlah alat yang berpotensi membahayakan dan mengganggu ketertiban di dalam rutan. 

“Hasil penggeledahan tidak ditemukan alat komunikasi, narkoba, maupun senjata tajam. Tadi yang ditemukan batu, staples, sendok dan gelas berbahan alumunium, serta sikat gigi patah yang berpotensi membahayakan dan mengganggu ketertiban," kata Kabid Bimbingan dan Pengentasan Anak Kanwil Kemenkumham Babel, Ahmad Fauzi. 

Dia mengatakan kegiatan pemeriksaan ini bertujuan untuk menegakkan aturan terkait ketertiban di dalam rutan. 

"Kegiatan ini melaksanakan aturan perundang-undangan dan menertibkan barang-barang yang dilarang sesuai aturan tata tertib di dalam rutan. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Bhakti Kemasyarakatan," tuturnya. 

Sementara Kepala Rutan Kelas II B Muntok, Abdul Rasyid Meliala mengatakan pihaknya melakukan pembinaan terhadap 113 orang warga binaan di Rutan Kelas II B Muntok. 

"Ada sebanyak 113 orang warga binaan di sini dengan berbagai kasus,” ucapnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: