Kapten Kapal Positif Covid-19, Belasan Kru Dievakuasi di Bangka Barat

Antara · Minggu, 07 Februari 2021 - 10:42:00 WIB
Kapten Kapal Positif Covid-19, Belasan Kru Dievakuasi di Bangka Barat
Ilustrasi kapal (Antara)

BANGKA BARAT, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka Barat dan Satgas TNI AL Pelabuhan Tanjung Kalian mengevakuasi sebelas awak Kapal Conoco Philips Gresik. Mereka yang dievakuasi mengalami gejala terjangkit virus corona. 

"Mereka kami evakuasi setelah sebelumnya kapten kapal tersebut dinyatakan positif Covid-19 dan langsung menjalani perawatan di RS Bakti Timah Pangkalpinang," kata Sekretaris Satgas Covid-19 Bangka Barat, Sidharta Gautama di Mentok, Sabtu (6/2/2021) malam.

Menurutnya, ada beberapa awak kapal yang mengalami gejala mengarah terpapar Covid-19. Atas pertimbangan itu Satgas Covid-19 Bangka Barat melakukan langkah penjemputan dan tindakan pelayanan sesuai kebutuhan para kru kapal.

Dia menjelaskan, sebelas kru Kapal Conoco Philips Gresik tersebut selanjutnya dibawa ke Wisma Karantina milik Pemkab Bangka Barat. Mereka menjalani tes cepat antigen dan seluruhnya mendapat hasil reaktif sehingga dilanjutkan dengan isolasi. 

Para awak kapal itu juga sudah menjalankan tes swab untuk mengetahui statusnya apakah tertular Covid-19 atau tidak. 

"Sampel tes usap sudah dikirim ke laboratorium dan mudah-mudahan segera bisa diketahui hasilnya sebagai dasar penanganan selanjutnya," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto