Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Belitung Turun Selama Mei 2021

Antara ยท Kamis, 03 Juni 2021 - 08:41:00 WIB
Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Belitung Turun Selama Mei 2021
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Kasus kematian akibat Covid-19 di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), turun selama Mei 2021. Belitung mencatat enam kasus atau jauh lebih rendah dari April 2021 yakni, 16 kematian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono, mengatakan, menurunnya angka kematian merupakan indikator membaiknya kualitas penanganan Covid-19. Hal ini juga menandakan membaiknya angka kesembuhan.

"Kasus kematian dan jumlah kasus positif sekarang ini memang terlihat sudah mulai menurun," kata Joko, Rabu (2/6/2021).

Dia mengatakan, faktor lain yang mendorong tingginya angka kesembuhan karena kategori pasien komorbid atau memiliki riwayat penyakit penyerta di Belitung sangat rendah. Namun dia menilai, faktor yang dominan adalah membaiknya kualitas perawatan pasien positif.

"Namun bisa juga keterampilan dalam memberikan perawatan dan penanganan kepada pasien Covid-19 cukup baik sehingga angka kesembuhannya meningkat," ujarnya.

Dia juga menilai, pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Belitung berjalan efektif. PPKM dapat mempengerahui potensi penyebaran Covid-19. Sedangkan jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Belitung sejak Maret 2020 mencapai 2.432 orang, pasien sembuh sembuh 2.284 orang, dan total meninggal dunia 51 orang.

"Kami harapkan angka positif Covid-19 di Bulan Juni melandai dan kami terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Editor : Erwin Sihombing