Kawal Masa Tenang Kampanye, Bawaslu Bangka Tengah Libatkan Mahasiswa

Antara ยท Sabtu, 14 November 2020 - 08:11:00 WIB
Kawal Masa Tenang Kampanye, Bawaslu Bangka Tengah Libatkan Mahasiswa
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto. (Foto:iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan melibatkan kalangan mahasiswa untuk mengawal situasi masa tenang Pilkada 2020. Sekitar 100 orang mahasiswa akan dilibatkan langsung ke lapangan, untuk mengawal dan melakukan pengawasan partisipatif terutama mencegah terjadinya praktik politik uang.

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan STIH Pertiba Pangkalpinang untuk menerjunkan sekitar 100 mahasiswa ke Bangka Tengah dalam rangka pengawasan partisipatif,” kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Jumat (14/11/20).

Selain mengawasi situasi politik pada masa tenang, para mahasiswa itu akan terjun langsung ke masyarakat untuk mengedukasi warga terkait pemilihan umum yang jujur dan adil," ucapnya.

Menurut Robianto, pengawasan partisipatif dari masyarakat sangat dibutuhkan, karena pihaknya memiliki personel pengawasan yang terbatas.

"Masyarakat silahkan mengawal Pilkada 2020, bantu kami dalam mencegah terjadinya pelanggaran pemilu demi terciptanya pesta demokrasi yang jujur, adil, aman dan kondusif," katanya.

Pilkada Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dengan nomor urut 01 dan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo dengan nomor urut 02.

Pasangan Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik koalisi yaitu Golkar, Nasdem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. Sedangkan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.


Editor : Ikhsa Firmansyah