Kejari Bangka Selatan Terapkan Restoratif Justice Pertama Kalinya ke Tersangka Kasus Pidum

Wiwin Suseno ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 15:09:00 WIB
Kejari Bangka Selatan Terapkan Restoratif Justice Pertama Kalinya ke Tersangka Kasus Pidum
Denny, Kasi Pidum Kejari Bangka Selatan didampingi Jaksa Oslan Pardede. (Foto: iNews.id/Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bangka Selatan menerapkan restoratif justice pertama kalinya terhadap tersangka kasus tindak pidana umum yang ditangani Jaksa Penuntut Umum Kejari Bangka Selatan. Tersangka yang diberikan restoratif justice tersebut berinisial A, tersangka kasus pencurian ponsel yang diungkap oleh Satreskrim Polres Bangka Selatan.

Kasi Pidana Umum Kejari Bangka Selatan, Denny mengatakan pemberian restoratif justice tersebut merujuk pada Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif.

"Tersangka kasus pidana umum ini secara persyaratan berdasarakan peraturan kejaksaan tersebut sudah memenuhi syarat. Sebab, tersangka dan korban sudah berdamai serta kerugiannya di bawah Rp2,5 juta dan ancaman pidananya di bawah lima tahun. Makanya kami usulkan untuk restoratif justice dan ini kasus pertama yang kita terapkan," katanya, Senin (18/10/2021).

Saat ini, kata Denny, tersangka masih berstatus tahanan kejakasaan dan masih dititipkan di sel tahanan Mapolres Bangka Selatan.

"Saat ini masih proses pemberkasan, nanti setelah selesai kami akan terbitkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntututan (SKP2) sehingga tersangka bisa dibebaskan," ucapanya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: