Kemenparekraf Dukung Pusat Informasi Geologi Belitung Jadi Destinasi Baru

Haryanto ยท Kamis, 19 November 2020 - 19:12:00 WIB
Kemenparekraf Dukung Pusat Informasi Geologi Belitung Jadi Destinasi Baru
Wisatawan melihat papan pengumuman tentang geosit di Pusat Informasi geologi Belitung. (Foto: ist)

BELITUNG TIMUR, iNews.idKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung Pusat Informasi Geologi Belitung di Belitung, Provinsi Bangka Belitung menjadi destinasi wisata baru pusat informasi edukasi geosite.

Didirikan pada tahun 2019, Pusat Informasi Geologi Belitung menghabiskan anggaran sebesar Rp2 miliar. Hal ini untuk merespons rencana UNESCO yang akan memberikan status UNESCO Global Geopark untuk Geopark Pulau Belitung.

Pusat Informasi Geologi Pulau Belitung itu dibangun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan kekayaan keragaman geologi di "Negeri Laskar Pelangi" itu.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani menjelaskan, saat ini Pusat Informasi Geologi Belitung telah ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Ada berbagai macam hal yang bisa didapatkan di sini, utamanya mengenai informasi geologi yang berada di Pulau Bangka Belitung.
“Jadi, kami dari Kemenparekraf/Baparekraf amat mendukung Pusat Informasi Geologi ini menjadi destinasi wisata baru di Belitung. Wisatawan bisa mendapatkan informasi secara utuh di sini,” kata Rizki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/11/2020).

Dia berharap destinasi baru ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Belitung, utamanya yang memiliki minat khusus di bidang wisata edukasi dan sejarah.

"Pulau Belitung telah diakui secara nasional karena beberapa titik geopark pada 2019. Diharapkan dapat menjadi destinasi wisata baru di Pulau Belitung, sehingga ke depannya kunjungan wisatawan di Negeri Laskar Pelangi ini semakin meningkat," katanya.

Dia menerangkan, Pusat Informasi Geologi Belitung ditujukan sebagai tempat bagi wisatawan dan masyarakat umum untuk memperoleh informasi mengenai keberagaman geologi, dinamika bumi, sejarah kehidupan, potensi bencana serta potensi sumber daya geologi dan pemanfaatannya.


Editor : Kastolani Marzuki