Kunjungan ke Babel, Jokowi Tinjau Progres Pelabuhan Tanjung Ular Bangka Barat

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:19:00 WIB
Kunjungan ke Babel, Jokowi Tinjau Progres Pelabuhan Tanjung Ular Bangka Barat
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular Muntok. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular Muntok, Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (20/10/2022). Pada kesempatan itu, Jokowi ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

"Melihat progres pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pembangunannya sudah selesai 99 persen, tinggal finishing akhir," kata Jokowi. 

Kehadiran pelabuhan laut yang memiliki tipe pengumpan lokal ini, kata dia, diharapkan dapat menunjang mobilitas barang seperti timah dan crude palm oil (CPO). 

"Diharapkan nanti mobilitas barang utamanya CPO dan timah bisa melalui Pelabuhan Tanjung Ular. Sehingga ada daya saing yang baik bagi produk-produk, baik dari Bangka Barat maupun Provinsi Bangka Belitung," ucapnya. 

Terkait pengelolaan pelabuhan, Jokowi mengatakan untuk sementara diambil terlebih dahulu oleh Kementerian Perhubungan. 

"Awal manajemen oleh Kementrian Perhubungan, kemudian nanti pemda dampingi. Apabila sudah siap, kementrian mundur diambil alih oleh pemda. Saya kira yang baik di semua pelabuhan seperti itu, sebab ini memang pelabuhan pengumpan," tuturnya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Follow Berita iNewsBabel di Google News

Bagikan Artikel: