Lanal Babel Kerahkan KRI Semarang Pasok Oksigen untuk Belitung

Antara · Senin, 09 Agustus 2021 - 13:51:00 WIB
Lanal Babel Kerahkan KRI Semarang Pasok Oksigen untuk Belitung
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendatangkan KRI Semarang-594 untuk membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit dalam menangani pasien Covid-19 di Belitung. Foto: Antara/Aprionis

PANGKALPINANG, iNews.id - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendatangkan KRI Semarang-594 untuk membantu Belitung memenuhi kebutuhan oksigen rumah sakit untuk pasien Covid-19. KRI Semarang telah bergerak dari Surabaya dan tiba di Belitung Selasa (10/8/2021).

Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, menyebutkan, dikerahkannya KRI Semarang-594 untuk memasok oksigen untuk memenuhi permintaan Gubernur Babel Erzaldi Rosman. Alat produksi oksigen rumah sakit Belitung mengalami kerusakan sehingga butuh pasokan oksigen untuk memudahkan penanganan pasien Covid-19.

"KRI Semarang-594 ini telah bergerak dari Pangkalan Surabaya pada Minggu (8/8/2021) dan diperkirakan tiba di Belitung pada Selasa pagi (10/8/2021)," ujar Fajar, Senin (9/8/2021).

Menurutnya, KRI tidak membawa oksigen dalam bentuk tabung yang sudah jadi, tetapi kapal berjenis Bantu Rumah Sakit (BRS) memproduksi oksigen seperti KRI Soeharso. KRI Semarang berfungsi sebagai pendukung pasokan oksigen untuk Belitung.

"Di Belitung alatnya (produksi oksigen) mengalami kerusakan, jadi ini untuk backup rumah sakit di Belitung. Kapal ini bisa memproduksi oksigen 24 jam  secara terus menerus," ujarnya.

Lanal melanjutkan, kapal rencananya ditambatkan di perairan Tanjung Batu di Belitung, tetapi karena lokasi sedang mengalami perbaikan, maka diarahkan di sekitar Tanjungpandan. Setibanya di sana, oksigen akan ditransfer menggunakan kapal jenis sekoci milik KRI, yakni Landing Craft Utilities (LCU) ke darat.

"Bapak gubernur memang meminta bantuan oksigen ini. Tapi, sebelumnya kita, baik TNI AL, TNI AD, TNI AU dan Polri bersama-sama saling bantu," kata Danlanal.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: