Langgar Aturan, Ratusan Alat Peraga Paslon Pilkada Bateng Dicopot Paksa

Rachmat Kurniawan ยท Jumat, 02 Oktober 2020 - 15:28:00 WIB
Langgar Aturan, Ratusan Alat Peraga Paslon Pilkada Bateng Dicopot Paksa
Petugas Bawaslu Bangka Tengah mencopot paksa alat peraga kampanye milik pasangan calon Pilkada 2020 yang melanggar aturan. (Foto: iNews/rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id – Ratusan alat peraga kampanye (AP) pasangan calon (paslon) Pilkada Bangka Tengah (Bateng) 2020 yang terpasang tidak sesuai aturan dicopot paksa petugas Bawaslu, Jumat (2/10/2020).

Penertiban ini dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Bawaslu omor 0572 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengawasan Tahapan Kampanye Pilkada Tahun 2020.

Kegiatan penertiban alat peraga ini dilaksanakan secara serentak pada di seluruh kecamatan di Kabupaten Bateng yang dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan bersama BKO Satpol PP dengan dikawal aparat kepolisian dari tiap-tiap polsek.

Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengkata Bawaslu Kabupaten Bateng, Wahyu Tri Buwono mengatakan, sebelum penertiban Bawaslu telah menginventarisasi terlebih dulu alat peraga paslon yang terpasang.

Bawaslu Bateng bersama jajaran Panwascam dan panwaslu kelurahan/desa sebelumnya telah terlebih dahulu turun ke lapangan untuk mendata terhadap alat peraga yang terpasang melanggar dan tidak sesuai aturan, karena saat ini sudah memasuki masa kampanye," ujarnya.

Dari hasil inventarisasi, kata dia, Bawaslu menelaah dengan rapat bersama seluruh LO pasangan Calon dan Partai Politik pada Selasa (29/9/2020).

"Sebelumnya sudah kita sampaikan imbauan secara lisan kepada LO Pasangan Calon untuk dibuka sendiri terhadap alat peraga yang melanggar tersebut. Kita beri waktu 1 x 24 jam untuk mencopot APK itu," katanya.

Wahyu mengungkapkan, penertiban APK serentak tersebut berlangsung dengan kondusif tanpa adanya hambatan.

"Ada 243 APK yang kita tertibkan mualis panduk, baliho dan banner paslon,” paparnya.

Wahyu menegaskan, bawaslu akan kontinyu menertibkan APK yang dipasang melanggar ketentuan. Karena itu, dia mengimbau tiap peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Bateng dapat memasang APK dengan tertib tanpa melanggar aturan.

"Sekarang ini sudah memasuki masa kampanye. Semua APK yang terpasang, titiknya harus sesuai yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bateng,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki