Masuk Permukiman, Warga Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter

Wiwin Suseno · Senin, 25 Januari 2021 - 20:17:00 WIB
Masuk Permukiman, Warga Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter
Warga Desa Trans Rias saat menangkap buaya yang masuk ke pekaraangan warga. (foto: iNews.id/ Istimewa)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Warga Desa Trans Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya yang masuk ke permukiman, Senin (25/01/2021). Buaya sepanjang tiga meter tersebut berhasil ditangkap warga setempat menggunakan alat tangkap.

Salah satu warga, Ariyanto mengatakan, buaya sepanjang kurang lebih tiga meter itu awalnya disangka biawak oleh anak kecil yang pertama kali melihat. Namun saat dicek warga ternyata seekor buaya.

"Awalnya ada anak kecil yang melihat seperti biawak masuk ke parit di depan rumah warga. Lalu diberitahulah ke warga. Saat dicek ternyata bukan biawak, tapi buaya. Kemudian warga langsung menangkap buaya. Saat sudah tenang warga kemudian melepaskan buaya itu ke bendungan," katanya, Senin (25/01/2021).

Kepala desa Rias, A Gani membenarkan adanya warga yang menemukan buaya tersebut yang berjarak tak jauh dari rumahnya itu.

"Iya tadinya mau kami serahkan ke BKSDA provinsi. Namun takut kelamaan dan membahayakan warga, jadi kami sepakat untuk melepaskan ke habitatnya," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah