Pangkalpinang Kembali Zona Merah, Sumbang 38,96 Persen Kasus Positif Covid di Babel

Antara ยท Minggu, 21 Februari 2021 - 11:24:00 WIB
Pangkalpinang Kembali Zona Merah, Sumbang 38,96 Persen Kasus Positif Covid di Babel
Warga Pangkalpinang melakukan tes swab mandiri di klinik Prodia, Rabu (27/1/2021). (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Satgas Covid-19 Bangka Belitung (Babel) kembali menetapkan Kota Pangkalpinang sebagai zona merah Covid-19. Peningkatan status tersebut karena Kota Pangkalpinang menyumbang dominan kasus positif Covid-19 di Babel dalam sepekan.

"Dalam sepekan terakhir ini kasus Covid-19 naik 10,7 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Sebanyak 38,96 persen kasus berasal dari Kota Pangkalpinang," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Minggu (21/2/2021).

Dia menegaskan, Kota Pangkalpinang sebelumnya berada pada zona oranye yaitu resiko sedang penularan Covid-19. Namun kasus positif di ibu kota Provinsi Babel ini terus meningkat. 

Saat ini ada tiga wilayah di Babel yang berada pada zona oranye yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, dan Bangka Barat. Sedangkan Kabupaten Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur berada di zona kuning  yang berisiko rendah.

"Saat ini, kita belum menerapkan PPKM skala mikro di Pangkalpinang. Namun jika kasus baru terus bertambah maka PPKM harus dilaksanakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya ini," ujarnya.

Tak hanya mencatat penambahan kasus positif terbanyak, kasus kematian akibat virus corona di Kota Pangkalpinang juga yang terbanyak. Posisi berikutnya yaitu Kabupaten Bangka, dan Bangka Tengah.

"Kasus meninggal dunia Covid-19 dalam sepekan terakhir ini naik 80,00 persen dari pekan sebelumnya. 43 Persen kasus kematian juga berasal dari Kota Pangkalpinang," katanya.

Editor : Reza Yunanto