Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Berlakukan Sistem Pembelian Tiket Nontunai

Rizki Ramadhani ยท Selasa, 20 September 2022 - 12:55:00 WIB
Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Berlakukan Sistem Pembelian Tiket Nontunai
Salah satu penumpang hendak melakukan pembelian tiket penyeberangan kapal. (Foto: Ist)

BANGKA BARAT, iNews.id - Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, menerapkan sistem pembelian tiket penyeberangan kapal secara nontunai. Sistem itu mulai diberlakukan pada Senin (19/9/2022). 

General Manager ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir mengatakan sejauh ini penerapan sistem baru tersebut berjalan lancar. Diharapkan pada 19 Oktober 2022 mendatang dapat mencapai 100 persen.

"Kita mulai melakukan ticketing dan bersyukur sampai saat ini berjalan dengan lancar. Ini tetap dipantau pencapaiannya, kami cek tiap hari. Mudah-mudahan bisa lebih besar perkembangan nontunainya dibandingkan dengan sistem tunai pembelian tiket tersebut," kata Christopher, Selasa (20/9/2022). 

Kendati sudah berjalan, ASDP tetap menempatkan petugas di pelabuhan untuk memberikan pelayanan sistem pembayaran secara nontunai kepada pengguna jasa. 

"Pagi tadi kami juga dibantu dengan pihak perbankan untuk mengakomodir, jadi batasnya satu bulan ini bisa mencapai 100 persen. Harapannya semakin banyak menyosialisasikan dan semakin banyak orang mengetahuinya," tuturnya. 

Salah satu pengguna jasa, Agung Setiawan mengaku sistem pembelian tiket yang baru ini dinilainya lebih efisien dan mencegah adanya praktik calo tiket. 

"Sistem pembayaran nontunai ini lebih efisien, tapi kita tidak tahu ke depannya seperti apa nantinya. Sistem pembayaran seperti ini juga bisa mengurangi adanya oknum-oknum yang menyalahgunakan tiket," kata Agung.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: