Pemkab Bangka Barat Siap Fasilitasi Nikah Massal Gratis

Antara ยท Kamis, 08 April 2021 - 16:06:00 WIB
Pemkab Bangka Barat Siap Fasilitasi Nikah Massal Gratis
Ilustrasi nikah massal. (Foto: Istimewa)

MENTOK, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap memfasilitasi nikah massal gratis untuk pasangan yang memiliki permasalahan dokumen. Ada sekitar 7.000 lebih pasangan di daerah ini yang masih mengalami permasalahan dokumen pernikahan dan kependudukan.

Plt Kepala Bagian Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Agus Sunawan mengatakan, praktik pernikahan di luar ketentuan hukum negara masih jamak dilakukan warga setempat. Akibatnya, pasangan tersebut tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Dengan adanya nikah massal yang didahului dengan isbat nikah atau cara menetapkan sebuah pernikahan yang sah, kami harapkan para pasangan tersebut bisa mendapatkan hak dokumen pernikahan dan kependudukan yang sah sesuai aturan pemerintah," katanya, Rabu (7/4/2021).

Dia menambahkan, selain secara resmi tercatat sebagai pasangan yang sah, beberapa dokumen pribadi lain juga bisa dimiliki masing-masing pasangan. 

"Kejelasan secara hukum ini nantinya juga bisa dijadikan dasar dalam hak asuh anak, pembagian warisan dan lainnya," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2