Pemkab Belitung Ingin Ekspor Hasil Laut Langsung ke Luar Negeri

Antara ยท Jumat, 03 Desember 2021 - 13:55:00 WIB
Pemkab Belitung Ingin Ekspor Hasil Laut Langsung ke Luar Negeri
Pemkab Belitung ingin mengekspor langsung hasil perikanan laut ke luar negeri. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

BELITUNG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Belitung ingin mengekspor langsung hasil perikanan laut ke luar negeri. Selama ini ekspor hasil perikanan laut Belitung selalu lewat Jakarta.

"Selama ini ekspor hasil perikanan Belitung selalu melalui Jakarta sehingga kepemilikan barang dan nilai ekonomi dari kegiatan ekspor tersebut masuk ke Jakarta," kata Kepala Dinas Perikanan Belitung, Firdaus Zamri di Tanjung Pandan, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya ada empat negara yang sedang dalam penjajakan ekspor langsung hasil perikanan laut Belitung. Keempat negara itu adalah Malaysia, Vietnam, Taiwan dan Australia.

"Selain Singapura, ada empat negara tujuan ekspor lainnya dari rekan-rekan unit Pengolahan Ikan," katanya.

Untuk eskpor hasil perikanan laut akan dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Pandan. Sedangkan di Jakarta hanya sebatas memindahkan kontainer menuju kapal tanpa membongkar isinya.

"Karena penerbitan surat Pemberitahuan Ekpsor Barang (PEB) nya di Belitung, tidak di Jakarta, sehingga kepemilikan barang tercatat sebagai milik Belitung," ujarnya.

Ekspor langsung tersebut menurutnya akan mempersingkat waktu, yang tentunya berdampak pada berkurangnya biaya operasional.

"Hasil ekspor langsung ini akan dinikmati oleh nelayan, karena nilai beli produksi tangkap nelayan oleh perusahaan akan lebih tinggi," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsBabel di Google News

Bagikan Artikel: