Pernah Jadi Tempat Pembuangan Soekarno-Hatta, Muntok Diproyeksikan Jadi Kota Sejarah

Antara ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 16:35:00 WIB
Pernah Jadi Tempat Pembuangan Soekarno-Hatta, Muntok Diproyeksikan Jadi Kota Sejarah
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan (kanan) saat menerima kunjungan Bupati Bangka Barat Sukirman di Pangkalpinang, Jumat. (4/6/2021). Keduanya membahas persiapan Muntok menjadi kota sejarah. Foto: Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) berkolaborasi dengan Pemkab Bangka Barat mengupayakan Muntok menjadi kota sejarah. Hal ini tidak berlebihan karena selain memiliki banyak bangunan historis bergaya Melayu, Tionghoa dan Eropa, Muntok juga menjadi kota pembuangan Proklamator RI, Soekarno-Hatta.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan, mengatakan, pengembangan wisata sejarah di Muntok harus dilakukan. Terlebih, pemerintah telah menetapkan Bangka Barat sebagai proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

"Di Muntok inilah, Bung Karno, Hatta, dan para pejuang kemerdekaan lainnya, mempersiapkan perjuangan diplomasi dengan negara-negara luar dalam rangka perjuangan mewujudkan Kemerdekaan Republik Indonesia," kata Erzaldi, usai menerima kunjungan Bupati Bangka Barat, Sukirman, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, Muntok memiliki peran besar dalam kemerdekaan Indonesia. Maka nilai historis seperti ini patut dikembangkan dalam konsep pariwisata.

Dia menyatakan, pengelompokan Muntok Heritage dari klaster Melayu, klaster Tionghoa dan klaster Eropa perlu dilakukan, selain mendorong pengembangan dua gedung bersejarah, yaitu Wisma Ranggam dan Pesanggrahan Menumbing agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Dia optimistis langkah-langkah persiapan bakal berjalan lancar dan Muntok bisa dikenal dengan wisata sejarah.

"Pariwisata yang bertemakan sejarah ini harus kita kembangkan. Pertemuan ini sebagai langkah awal persiapan, dan mudah-mudahan tahun 2022 sudah langsung persiapan fisik," ujar dia.

Bupati Bangka Barat Sukirman optimistis pengembangan wisata Muntok bakal membawa dampak positif bagi masyarakat. Dia menyambut baik ajakan Gubernur Erzaldi untuk bersama-sama dalam upaya pembangunan Kota Muntok sebagai Kota Sejarah yang akan menjadi salah satu daerah KSPN.

"Saya yakin kolaborasi antara pemprov dan pemkab , didukung oleh seluruh masyarakat maka tujuan pembangunan akan terwujud," ujarnya.

Editor : Erwin Sihombing