Polairud Babel Kejar Kapal Hantu yang Diduga Bawa Barang Ilegal

Haryanto ยท Senin, 07 Juni 2021 - 13:06:00 WIB
Polairud Babel Kejar Kapal Hantu yang Diduga Bawa Barang Ilegal
Ditpolairud Polda Babel mengejar kapal hantu yang diduga bawa barang ilegal, Senin (7/6/2021). Kapal ditabrak ke hutan bakau dan diduga barang ilegal yang diangkut dibuang ke laut. Foto: iNews.id/Haryanto

MUNTOK, iNews.id - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditopolairud) Polda Bangka Belitung (Babel) menggunakan helikopter mengejar kapal hantu yang diduga membawa barang ilegal di Perairan Muntok, Bangka Barat, Senin (7/6/2021). Kapal berhasil dihentikan namun nakhoda dan anak buah kapal (ABK) melarikan diri di hutan bakau.

Kejar-kejaran diwarnai dengan tembakan peringatan  ketika Polairud berupaya menghentikan kapal hantu. Namun pengemudi kapal memilih untuk menabrak hutan bakau hingga sejauh 100 meter dari bibir pantai.

“Kemudian mereka melarikan diri dari pantai kurang lebih 75 km masuk ke dalam hutan,” kata Kanit Gakkum Ditpolairud Polda Babel, Iptu Asmadi.

Pengejaran dilakukan setelah Ditpolairud menerima laporan adanya kapal cepat melintas yang diduga membawa barang ilegal. Ketika helikopter menuju Pulau Nangka terlihat kapal hantu yang dimaksud itu.

Sebelum kapal hantu menabrak hutan bakau, diduga barang ilegal yang diangkut telah dibuang ke laut. Pelaku sedang dalam pengejaran di hutan bakau kawasan Tanjung Jati. 

“Jadi barang bukti kapal hantu, posisi kapal di Tanjung Jati, di dalam hutan bakau,” ujar Asmadi. 

Editor : Erwin Sihombing