Lahan Eks Tambang Timah di Belitung Timur Jadi Ladang Kopi

Devi Sulitya · Senin, 07 Juni 2021 - 08:53:00 WIB
Lahan Eks Tambang Timah di Belitung Timur Jadi Ladang Kopi
Siswa SMA 1 Damar menanam 300 bibit Kopi Liberika di lahan bekas tambang timah di Belitung Timur, Minggu (6/6/2021). Siswa dibekali modal kepedulian lingkungan hidup. Foto: iNews.id/Devi Sulitya

DAMAR, iNews.id – Lahan bekas tambang di Desa Mengkubang, Damar, Belitung Timur (Beltim) dijadikan ladang kopi. Siswa SMA Negeri 1 Damar menanam 300 bibit Kopi Liberika dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, yang diperingati setiap 5 Juni.

UPT Balai Pembenihan Kecamatan Damar, Kecamatan Manggar, Perpustakaan Alam Kek Tapa, Kupi Belitong Kik Tapa dan Karang Taruna Desa Mengkubang, berperan dalam mengikutsertakan siswa SMA Negeri 1 Damar menanam 300 bibit kopi. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong kepedulian generasi muda terhadap kelestarian lingkungan. 

“Dalam kegiatan ini siswa tidak hanya sebatas melakukan penanaman bibit kopi, tetapi siswa juga diajarkan bagaimana cara merawat tanaman dan sharing untuk pengembangan potensi alam,” ujar Kepala SMA 1 Damar, Riskan Minggu (6/6/21).   

Melalui kegiatan ini, Riskan berharap siswa dapat menimba ilmu dan membuka wawasan mereka untuk berinovasi. Baik bagaimana cara mereka merencanakan dan mengalami proses, serta memiliki keterampilan dalam menciptakan produk ramah lingkungan dari bahan alam.    

“Apa yang mereka dapat dari kegiatan ini dapat diterapkan di sekolah. Tidak menutup kemungkinan dengan kolaborasi yang sudah terjalin ke depan SMA N 1 Damar berupaya untuk menjadi sekolah yang ramah lingkungan,” harap Riskan.

Editor : Erwin Sihombing