Polisi Tangkap 2 Rampok Uang Ratusan Juta Milik Nasabah Bank di Pangkalpinang

Haryanto ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 09:03:00 WIB
Polisi Tangkap 2 Rampok Uang Ratusan Juta Milik Nasabah Bank di Pangkalpinang
2 Rampok Uang Ratusan Juta Milik Nasabah Bank ditangkap Polres Pangkalpinang (Foto:iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id -Tim Buser Naga Polres Pangkalpinang, meringkus dua rampok nasabah bank di Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Dari aksinya, pelaku berhasil menggasak uang korban hingga ratusan juta rupiah.

Aksi kedua pelaku terendus, setelah polisi mendapat laporan dari korban. Polisi langsung bergerak mengusut kasus itu.

Ternyata, aksi pelaku sempat terekam CCTV saat membuntuti korbannya. Di bawah komando Kasatreskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra, pelaku ditangkap pada Selasa (2/3/2021) sore.

Kedua pelaku bernama Alex Chandra (28) dan Ari Sanjaya (31) asal dari Palembang, Sumatra Selatan. Polisi terpaksa melumpuhkan kedua pelaku itu karena mencoba melawan saat diminta menunjukkan lokasi menyimpan barang bukti.

Kepada polisi, keduanya mengaku sudah tiga kali merampok nasabah bank. Aksi pertama pada tanggal 10 September 2020 berhasil menggondol uang Rp115 juta. Selanjutnya, 8 Januari 2021 mendapatkan uang Rp168 juta dan 8 Februari 2021 memperoleh Rp45 juta.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Adi Putra mengatakan pelaku beraksi dengan modus membuntuti korban mulai dari dalam bank. Pelaku lebih dulu masuk ke bank dengan berpura-pura menukar uang berbagai pecahan.

"Setelah itu sekira telah mendapatkan calon korban, kedua pelaku mengikutinya untuk mencari celah calon korbannya lengah," kata Adi Putra, Rabu (3/3/2021).

Saat korban lengah, kedua pelaku langsung mengambil uang nasabah. Setelah itu keduanya kabur dengan motor.

"Alex Chandra bertugas sebagai joki sepeda motor, sedangkan Ari Sanjaya yang bertugas mengambil uang milik nasabah tersebut," ujarnya.

Adi Putra menyebut kedua pelaku datang Pangkalpinang hanya untuk merampok dan langsung kembali ke daerah asal setelah berhasil. Dari penangkapan kedua pelaku, ditemukan barang bukti uang pecahan Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000, sepeda motor MX King, ATM milik pelaku, hingga tas ransel warna merah.

Editor : Ibnu Hariyanto