Puan Minta Kepala Daerah Jujur, Tidak Tutupi Angka Kasus Covid-19

Kiswondari Pawiro ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 16:50:00 WIB
Puan Minta Kepala Daerah Jujur, Tidak Tutupi Angka Kasus Covid-19
Ketua DPR Puan Maharani meminta kepala daerah jujur dalam menangani kasus Covid-19 di wilayahnya. Tidak menutupi fakta dengan dalih kinerja. (Foto: iNews/Ahmad Antoni)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR meminta kepala daerah jujur dalam menangani kasus Covid-19 di wilayahnya. Memaparkan angka kasus dengan transparan dan tidak berupaya menutupinya dengan dalih kinerja.

“Kepala daerah harus jujur dan transparan tentang data di daerahnya. Jangan demi dibilang berhasil menangani Covid-19 lalu data sesungguhnya di lapangan tidak dibuka ke publik, bahkan tidak dikerjakan dengan benar,” ujar Puan di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Dia menilai kepala daerah memiliki peran vital dalam menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air. Sebab cakupan vaksinasi termasuk penelusuran (tracing) bisa dilakukan optimal jika kepala daerah berkinerja baik.

Menurutnya, data yang jujur menjadi fondasi untuk rakyat bersabar dan mau mengikuti kebijakan pemerintah. Dia mendorong pemerintah memenuhi rencana menjadikan pengujian, pelacakan dan perawatan sebagai satu rangkaian tak terpisah dalam penanganan Covid-19, sambil mengejar target minimal 70 persen populasi tervaksinasi.

“Pastikan obat tersedia. Pastikan terpenuhi kamar perawatan di rumah sakit dan fasilitas isolasi mandiri. Pastikan jumlah kasus harian tidak naik atau turun hanya karena jumlah tes dan pelacakan yang tidak jujur dan transparan,” ucapnya.

Editor : Erwin C Sihombing