Puluhan Warga Babel Disidang di PN Pangkalpinang Gegara Langgar Prokes

Antara · Senin, 01 Maret 2021 - 13:11:00 WIB
Puluhan Warga Babel Disidang di PN Pangkalpinang Gegara Langgar Prokes
PN Pangkalpinang menggelar sidang pelanggar protokol kesehatan di Kota Pangkalpinang, Senin (1/3/2021). (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Puluhan orang di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung menjalani sidang di tempat oleh Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang. Mereka disidang akibat melanggar protokol kesehatan (prokes).

"Hingga pukul 11.30 WIB ini sudah ada 40 pelanggar prokes yang menjalani sidang di tempat dan dijatuhi sanksi oleh pengadilan," kata Sekretaris Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin (1/3/2021).

Razia digelar di antaranya di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang. Warga yang terjaring razia tak memakai masker langsung disidang. Sanksi yang dijatuhkan berupa denda dan kerja sosial.

"Kami menerapkan sanksi berlapis kepada pelanggar prokes, dimulai kerja sosial, administratif hingga denda yang menimbulkan efek jera," tuturnya.

Menurutnya razia ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2020 tentang penerapan new normal dalam mencegah dan memutus penyebaran Covid-19.

Alasan lain, tingkat kepatuhan masyarakat Babel menerapkan prokes sangat rendah. Bahkan menurutnya termasuk lima terendah di Indonesia.

"Kita berharap dengan adanya operasi yustisi sidang di tempat dan memberikan sanksi langsung kepada pelanggar, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mematuhi prokes," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto