Razia Tambang Ilegal di Hutan Mangrove Belo Laut Muntok Diduga Bocor

Rizki Ramadhani ยท Selasa, 11 Januari 2022 - 15:18:00 WIB
Razia Tambang Ilegal di Hutan Mangrove Belo Laut Muntok Diduga Bocor
Polres Bangka Barat merazia tambang ilegal di hutan mangrove di Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (11/1/2022). (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Jajaran Polres Bangka Barat kembali merazia tambang timah ilegal di kawasan hutan mangrove di Dusun III, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Razia diduga bocor, lantaran para penambang telah kabur saat petugas tiba di lokasi, Selasa (11/1/2022).

"Kami kembali lagi merazia tambang timah di hutan mangrove di Desa Belo Laut Muntok. Namun saat kami tiba di lokasi para penambang sudah kabur semua. Memang sulit melakukan penertiban ke penambang ini," kata Kabag Ops Polres Bangka Barat, Kompol Evry Susanto. 

Dari razia yang kelima kalinya ini, kata dia, Polres Bangka Barat mengamankan sebanyak sembilan unit mesin dan sejumlah kendaraan roda dua di lokasi tambang. 

"Kami mengamankan sembilan unit mesin robin yang digunakan para penambang dan sejumlah motor milik para penambang liar. Selanjutnya kami akan koordinasi bersama Dinas Kehutanan, Satpol PP dan para instansi yang terkait di Pemda Bangka Barat," tuturnya. 

Sebagai upaya pencegahan aktivitas penambangan ilegal, pihaknya akan melakukan penyelidikan lebih lanjut dan siap memberikan sanksi tegas kepada penambang yang masih membandel. 

"Kami akan melakukan penindakan, mungkin minggu depan atau sebelum minggu depan. Nanti akan dikoordinasikan kembali bersama pemda setempat," ujarnya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: