Kreatif, Warga Bangka Barat Sulap Ikan Buntal Jadi Peci dan Topi Koboi Bernilai Ekonomis

Rizki Ramadhani ยท Senin, 10 Januari 2022 - 13:15:00 WIB
Kreatif, Warga Bangka Barat Sulap Ikan Buntal Jadi Peci dan Topi Koboi Bernilai Ekonomis
Beni (46) saat membuat kerajinan tangan berbentuk topi koboi dari ikan buntal, Minggu (9/1/2022). (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Ikan Buntal memang dikenal sebagai salah satu hewan laut yang memiliki racun mematikan, jarang sekali masyarakat mengonsumsi hewan yang juga disebut ikan fugu ini. Namun, di tangan Beni (46) warga Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, ikan beracun ini justru diolah menjadi kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis.

Kulit ikan Buntal yang memiliki tekstur keras, kasar dan berduri disulapnya menjadi hiasan kepala seperti topi koboi dan peci.

"Awalnya tahun 2019 iseng saja coba mengolah kulit ikan Buntal ini kok bisa keras gini, bahkan sempat saya dikira orang stres. Terus coba buat kayak topi atau peci dititipkan ke acara pameran malah ada yang suka, terus buat lagi," kata Beni, Minggu (9/1/2022). 

Beni kemudian menjelaskan proses pembuatan topi koboi atau peci hingga bisa menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis. 

"Bagian yang dibuang hanya isi daging, diambil bagian kulit terus kepala sampai sirip. Kemudian kulit tadi dijemur dulu, terus langsung dibentuk polanya pake baskom dan diikat dengan benang nilon. Dijemur lagi sampai kering, lalu dipotong, dirapikan, dipercantik sesuai dengan keinginan baik itu topi atau peci," ucapnya. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: