Satgas Pangan Belitung Timur Tekan Harga Daging Sapi Rp140.000 per Kilogram

Antara · Selasa, 11 Mei 2021 - 09:15:00 WIB
Satgas Pangan Belitung Timur Tekan Harga Daging Sapi Rp140.000 per Kilogram
Satgas Pangan Belitung Timur mengecek kondisi harga daging di pasar, Senin (10/5/2021). Foto: Antara

MANGGAR, iNews.id - Memasuki H-1 Idul Fitri harga daging sapi di Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) naik hingga Rp170.000 per kilogram. Situasi ini mengharuskan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Belitung Timur menelusuri penyebab kenaikan harga daging sapi yang idealnya Rp140.000 per kilogram.

Ketua Satgas Pangan Belitung Timur, Jojo Sutarjo, mengatakan, pihaknya bakal melakukan stabilisasi harga daging sapi. Menekannya lonjakan harga hingga ke angka Rp140.000 per kilogram.

"Kita akan lakukan stabilisasi harga, tidak boleh lebih dari Rp140 ribu per kilogram," kata Jojo, di Manggar, Senin (10/5/2021).

Dia belum bisa memastikan penyebab lonjakan harga daging sapi karena perlu menelusuri penyebabnya. Namun Jojo memastikan jajarannya fokus pada pengendalian harga daging tersebut.

"Harga daging sapi saat ini sudah mulai naik dengan kisaran Rp160 ribu hingga Rp170 ribu per kilogram, kita berupaya kendalikan harga dengan menekanya hingga harga Rp140 ribu per kilogram," kata dia.

Menurut Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, kenaikan harga daging sapi karena adanya mekanisme pasar. Artinya tingginya harga disebabkan meningkatnya permintaan yang tidak diikuti dengan penambahan stok daging.

"Kalau permintaan meningkat pesat namun persedian terbatas, maka harga akan naik tinggi," ujarnya.

Dia mengatakan, solusi yang tepat harus dilakukan sekarang ini adalah pemerintah kabupaten menggelar operasi pasar. Kegiatan ini bisa membantu masyarakat mendapatkan daging sapi dengan harga yang lebih rendah dibanding harga pasar.

"Dengan adanya operasi pasar daging sapi, dapat membantu menstabilkan harga dan ini mesti digencarkan menjelang  Idul Fitri," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: