Soal Sengketa Pulau Tujuh, Bupati Bangka Serahkan ke Pemerintah Provinsi

Antara ยท Jumat, 03 September 2021 - 16:48:00 WIB
Soal Sengketa Pulau Tujuh, Bupati Bangka Serahkan ke Pemerintah Provinsi
Bupati Bangka, Mulkan. (Foto:Antara)

BANGKA, iNews.id - Bupati Bangka Mulkan menyebut penanganan sengketa Pulau Tujuh yang diperebutkan dengan Kepulauan Riau (Kepri) diserahkan ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Secara geografis, letak Pulau Tujuh lebih dekat ke Pulau Bangka dibanding ke Kabupaten Lingga. 

Mulkan mengaku tidak mengikuti perkembangan penanganan sengketa Pulau Tujuh yang berjarak tempuh dua jam atau lebih dekat dibanding dengan jarak tempuh Pulau Tujuh ke Kepri, tepatnya di Kabupaten Lingga yang menelan waktu delapan jam perjalanan.

"Meskipun Pulau Tujuh terletak dekat dengan pulau Bangka namun persoalan sengketa pulau-pulau kecil kami serahkan ke Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel)," katanya, Jumat (3/9/2021).
 
Munculnya sengketa Pulau Tujuh setelah diterbitkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pulau Tujuh masuk wilayah Babel.

Namun dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Lingga, Pulau Tujuh dimasukkan sebagai wilayah Lingga sehingga dua provinsi kepulauan saling klaim atas kepemilikan pulau tersebut.

"Saya berharap sengketa perebutan wilayah Pulau Tujuh dapat segera diselesaikan oleh kedua pemerintah provinsi baik Pemerintah Babel dan Pemerintah Kepri," kata Mulkan.

Editor : Ikhsa Firmansyah